BUMDes Maju Ekonomi Desa “Laju”

 

Singodutan.desa.id-Singodutan(12/07/2108)Badan Usaha milik Desa atau biasa yang disebut Bumdes merupakan lembaga ekonomi masyarakat yang mempunyai peran cukup strategis dalam menggerakkan perekonomian masyarakat desa. Seperti halnya BUMDes yang dimiliki Oleh Desa Singodutan. BUMDes Desa Singodutan berdiri sejak Tahun 2016 yang diberi nama Ngudi Utomo. BUMDes Desa Singodutan Diketuai oleh Purwadi, Spd mempunyai tugas salah satunya adalah untuk mengelola Sport Center Desa Singodutan.

Sport Center Desa Singodutan Dibangun diatas tanah seluas 1,45 Hektar yang di dalamnya terdapat sarana Olah Raga yang cukup lengkap. Sarana Olah raga yang ada di Sport Center Desa Singodutan Sendiri Antara lain Lapang Sepak Bola, Lapangan Tenis, Lapangan Volly, Dan Lapangan Futsal.Selain itu pada tahun 2018 ini akan dibangun jogging track disekeliling lapangan bola yang rencananya akan dialokasikan dana sebesar Rp 160.000.000 yang merupakan Dana Desa Tahun 2018 Tahap III. Semua Fasilitas tersebut dibangun untuk menunjang masyarakat dalam melakukan kegiatan Olah Raga. Dalam Menyambut HUT RI yang ke 73 BUMDes Desa Singodutan selaku manajemen pendamping turnamen ikut berpartisipasi dalam menggelar Tunamen Sepak Bola Yang Bertajuk Persik’s Cup yang dilaksanakan di lapangan Sport Center Desa Singodutan.

Persik’s Cup Open Sendiri sudah terlaksanakan hingga 11 kali pada tahun ini. Persik sendiri merupakan club sepak bola dari singodutan yang terkenal pada tahun 80an yang kerap menjuarai even di wilayah soloraya.Turnamen persik’s Cup 2018 dimulai pada tanggal 7 juli hingga tanggal 22 juli 2018 di lapangan Sport Center Desa Singodutan mempertemukan 16 team Se-Soloraya dalam tahap penyisihan yang memperebutkan hadiah uang pembinaan dengan total hadiah sebesar 15 juta rupiah serta trofi penghargaan. Tidak hanya untuk team yang bermain yang mendapatkan hadiah, penonton pun juga berkesempatan mendapatkan banyak doorprize.

Doorprize yang disediakan panitia antara lain Mesin cuci, Kulkas, Sepeda Gunung dan masih banyak yang lain.  Untuk yang ingin mendapatkan doorprize penonton hanya cukup membeli tiket sebesar Rp 5.000 pada babak penyisihan Rp 7.000 pada babak perempat final dan Rp 10.000 untuk semifinal. Setelah selesainya Turnamen Persik’s Cup rencananya akan di gelar event Turnamen SSB se-Jateng DIY pada tanggal 28-29 Juli sebanyak 16 team untuk Kelompok Umur 2005 dan 16 team untuk Kelompok umur 2006 yang Dilanjutkan Pekan Olah Raga Desa (PORDes) Antar RW yang Dilaksanakan Pada awal Bulan Agustus .  PORDes sendiri merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan dalam menyambut dan memeriahkan HUT RI.

Selain Mengelola Fasilitas Olah Raga dan menjadi manajemen pendamping, BUMdes Desa Singodutan juga menjadi Mitra dalam mengelola Sekolah Sepak Bola (SSB) yang bernama New Persik’s 84. SSB New Persik’s 84 berdiri pada tahun 2014, murid didiknya selain  dari anak-anak dari Desa Singodutan sudah merambah keluar dari desa Singodutan hingga mencakup Kabupaten Wonogiri.  Bahkan murid didikan SSB New Persik’s ada yang berasal dari Kabupaten Sukoharjo. SSB New Persik’s 84 berhasil menyabet banyak gelar yang membanggakan, yang terbaru adalah menjuarai turnamen Piala Bupati Klaten Tahun 2018.

Kepala Desa Singodutan, Bapak Karsanto memberikan tanggapan positif dengan kemajuan BUMDes Desa Singodutan. Beliau Menuturkan, “Singodutan Sport Center yang dikelola oleh BUMDes  sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat hingga pencetak bakat serta prestasi yang terbukti dengan berhasilnya SSB New Persik’s yang dapat mengukir prestasi dengan menjuarai berbagai event turnamen di wilayah Jateng DIY. Semoga BUMDes Desa Singodutan Dapat lebih maju dan Singodutan Sport Center dapat lebih bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya masyarakat Desa Singodutan karena merupakan program prioritas dari Kementrian Desa dan Daerah tertinggal”.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan