GEGAP GEMPITA PERAYAAN HARI KARTINI DESA SINGODUTAN

singodutan.sideka.id-Singodutan. Hari ini Sabtu (21/04/2018) diperingati sebagai peringatan Hari Kartini. Hari dimana lahirnya seorang tokoh pelopor kebangkitan perempuan primbumi yang memperjuangkan emansipasi wanita. Pentingnya  wanita memperoleh peramaan kebebasan otonomi serta kesetaraan gender. Peringatan tersebut diperingati di seluruh pelosok Indonesia tidak ada yang ingin tertinggal dalam momen momen seperti ini. Tidak terkecuali dengan Desa Singodutan,gegap gempita peringatan Hari Kartini di Desa Singodutan diwarnai dengan berbagai acara. Acara dimulai pada pukul 08.00 dengan diawali menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Lagu ibu Kita Kartini yang dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua TP-PKK Ibu Muryati Karsanto.

“Tema Kartini pada tahun ini adalah 4w 5 sempurna, 4w 5 sempurna sndiri adalah WAREG,WARAS,WASIS,WANGUN,WASKITO yang merupakan program Ketua TP-PKK kabupaten Wonogiri yang diketuai Ibu Verawati Joko Sutopo. Wareg yang berarti cakupan makanan yang memenuhi aspek 4 sehat 5 sempurna dengan gizi yang baik mengurangi pemakaian penyedap makanan, Waras yang berarti sehat Jasmani dan Rohani, Wasis yang berartis cerdas, cerdas mendidik anak dan membina rumah tangga, wanggon yang berrati rumah tempat bernaung yang mempunyai taman dan pekarangan, waskito adalah bijaksana dalam mendidik anak, anakku adalah anakmu,anakmu adalah anakku,anak kita adalah anak kita bersama. Ibu-ibu merupakan guru dirumah yang harus bisa membangun keluarga yang baik.”tutur Ibu muryati Karsanto di sela-sela sambutannya.(21/04/2018).

 

Usai sambutan dilanjutkan dengan penerimaan bantuan dari Ibu Hj. Endang Maria Astuti SAg. SH. MH yang bisa menjadi contoh dan inspirasi karena wallaupun beliau perempuan namun beliau meruapakan Anggota DPR RI sehingga memberikan gambran bagaimana emansipasi perempuan benar-benar sudah berjalan di Indonesia. Di sela-sela acara diselingi dengan acara kado silang untuk lebih mempererat rasa kekeluargaan warga Desa Singodutan. Setelah selesainya acara kado silang dimulailah lomba Keluwesan dari Tiap-tiap Dusun.Keluwesan ini diinilai dari bagaimana Ibu-Ibu perwakilan dari masing-masing dusun berlenggak lenggok layaknya model yang berdandan ala wanita bangsawan keraton jaman dahulu lengkap dengan kebaya dan sanggul dikepala. Juri yang ditunjuk pun adalah bapak-bapak tamu Undangan yang memeberikan nialai tidak hanya dari kecantikan namun juga dari cara berjalan maupun bahasa tubuh yang luwes.

Setelah selesai dengan lomba keluwesan dilanjutkan dengan acara Lomba kreatifitas antar Dusun.Tiap-tiap  dusun menampilkan pentas seni yang dipertontonkan di depan tamu undangan. Kreatifitas ibu-ibu Desa Singodutan benar-benar layak diapresiasi. Dengan semangat Ibu-ibu menampilkan kreatifitas seni yang bermacam-macam, mulai dari gerakan 7 langkah cuci tangan dari kader Posyandu,Puisi dari dusun singodutan dan Giri Asri,Hadroh dari Dusun Karang Tengah, Senam dari dusun Krisak Wetan dan Perum Siwani, gerak dan lagu dari dusun Krisak Kulon dan Sanggrahan, Wulang Sunu Dari Matah adan Drama KDRT dari dusun Ngaliyan. Tepuk tangan dan gelak tawa menghiasi penampilan pentas seni dari Ibu-ibu Desa Singodutan. Semua berbaur dengan suasana kekeluargaan yang kental. Setelah Usainya penampilan pentas Seni Dilanjutkan Dengan Pawai menggunakan kereta Kelinci Keliling desa singodutan sebagai penutupan dari serangkaian acara peringatan hari kartini di Desa Singodutan. Tidak hanya memperingati sebagai acara tahunan tetapi peringatan Hari Kartini Harus bisa membawa perubahan yang baik, terutama bagi kaum perempuan.

Atas perjuangan Beliau Derajat kaum perempuan naik dan setara dengan kaum laki-laki. Saat ini wanita bisa menjadi Polisi, tentara, menteri bahkan Presiden. Hal ini tidak lepas dari jerih payah Ibu R.A Kartini yang senantiasa harus kita teladani sosok beliau,dengan mlanjutkan perjuangan dan cita-cita ibu Kartini untuk menyelamatkan kaum perempuan. Hal ini dikarenakan banyak perempuan yang membutuhkan bantuan dan membutuhkan Ibu-ibu Kartini yang baru yang baru untuk memperjuangkan Hak-hak mereka. Oleha karena itu kita harus bisa meneladani sikap dan perilaku dari Ibu R.A Kartini.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan