SINGODUTAN JUARAI LOMBA BALITA SEHAT

singodutan.sideka.id, Singodutan – SELOGIRI. Senin, 9 April 2018 menjadi hari yang membanggakan bagi Desa Singodutan, pasalnya pada hari itu Ananda Briliant Arseno putra dari Bapak Sunarto dan Ibu Sri Lestari warga Dusun Karang Tengah Desa Singodutan berhasil menjuarai Lomba Balita Sehat se-Kecamatan Selogiri. Lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka Evaluasi Balita Sehat Tingkat Kecamatan Selogiri tahun 2018. Lomba tersebut berlangsung pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB.

Adapun kriteria penilaian lomba tersebut diantaranya adalah penilaian dari perkembangan balita, kesehatan gigi, kuesioner pkk, kesehatan ibu, kuisoner dari biro kesra, kesehatan balita, unsur gizi, ipani jateng, dan kuisoner dari dinas pemberdayaan perempuan dan anak.

Brili sapaan akrab Balita yang menjadi Juara di ajang Lomba Balita Sehat se-Kecamatan Selogiri, terlihat gembira saat memegang piala. Piala itu menjadi bukti mengapa Brili yang terpilih menjadi wakil Desa Singodutan dalam ajang tersebut. Brili sebelumnya diseleksi melalui Kader Posyandu di Desa Singodutan dengan memperhatikan beberapa unsur diantaranya; Berat Badan Anak naik tiap bulan dengan baik sesuai KMS, ASI Eksklusif sedari lahir tanpa tambahan susu formula, keaktifan anak  dan pola asuh orang tua, serta orang tua yang merupakan peserta Program Keluarga Berencana (KB). Hal tersebutlah yang membuat Brili patut untuk maju mewakili Desa Singodutan dalam Lomba Balita Sehat se-Kecamatan Selogiri.

Brili mengikuti Lomba Balita Sehat di Kecamatan Selogiri Kategori Balita umur 6 bulan – 24 bulan. Brili berhasil menyisihkan 9 peserta lain yang mengikuti Lomba tersebut. Brili memperoleh Skor 6940 yang merupakan skor tertinggi diantara peserta lomba yang lain. Dalam lomba tersebut selain tumbuh kembang anak yang baik, kriteria balita sehat juga lebih ditekankan kepada pengetahuan sang ibu (selaku orang tua) tentang bagaimana pola asuh anak yang baik dari semenjak hamil sampai setelah lahir. Untuk Brili sendiri penilaiannya dilakukan dengan melihat tumbuh kembang anak sesuai dengan perkembangan usia, psikologis anak dan tingkat keaktifan anak.

Dengan perolehan Skor tersebut, Brili dan Ibunya diharapkan mampu mewakili Kecamatan Selogiri untuk maju dalam Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Wonogiri, dengan syarat harus lolos seleksi 5 besar di Tingkat Kabupaten. “Semoga dengan Menjuarai Lomba Balita Sehat dapat menginspirasi Ibu-ibu di Desa Singodutan untuk selalu memperhatikan tumbuh kembang anak serta memberi pola asih, asuh dan asah yang baik terhadap anak sehingga dapat mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berguna bagi Bangsa dan Negara”, tutur Ibu Listyana (11/04/18) – Kader Posyandu Desa Singodutan. (Admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan