[MASIH] MANCING MANIA…..MANTAAAAAPPPP!!!!!

Singodutan(01/04/2018)-SINGODUTAN. Hari Minggu (01/04/2018) pagi warga kembali berduyun-duyun datang ke Tempuran Kali Karang Tengah. Hal ini dikarenakan diselenggarakannya lagi Lomba Mancing dengan hadiah yang lebih menarik. Lomba ini terselenggara dengan baik atas  kerjasama  antara pemuda Dusun Singodutan Rt 03 Rw 01 sebagai panitia dan sponsor utama serta beberapa sponsor. Dengan hadiah lebih menarik serta jumlah ikan Lele yang dilepas yang lebih banyak menarik jumlah peserta yang terhitung sekitar 167 orang. Hal ini juga tidak lepas dari persiapan yang dilakukan oleh panitia pada hari sebelum lomba dilaksanakan.

Pada hari sabtu (31/03/2018) panitia mempersiapkan area di sekitar kali tempuran untuk dijadikan tempat ajang perlombaan. Mulai membersihkan rumput disekitar kali, membuat tanggul untuk membendung air agar debit air tercukupi saat lomba dilaksanakan serta membuat pathok-pathok di sekitar bibir kali untuk tempat para pemancing agar para pemancing bisa fokus tidak terganggu dengan penonton karena penonton diperbolehkan menonton diluar pathok yang dibuat oleh panitia. Selain agar pemancing bisa fokus dengan adanya sistem seperti ini pemancing lebih bebas mengikuti lomba karena lebih meminimalisir penonton terkena kail saat pemancing melempar umpan.

Untuk peraturan panitia menerapkan peraturan yang sama yaitu 1 pemancing 1 joran 1 mata kail. Peserta diharuskan memakai kartu peserta saat mengikuti lomba dan memakai pita yang disediakan panitia di joran untuk memudahkan panitia dalam memantau peserta lomba dan mempermudah panitia untuk menindak pemancing yang bukan peserta lomba agar tidak ikut memancing lomba di area perlombaan. Setiap ikan akan dilepas ke arena perlombaan  peserta diminta menaikkan joran selam 5 menit agar ikan yang dilepas dapat berpencar ke di arena perlombaan dan tidak bergerombol.   Untuk umpan sendiri panitia membebaskan para peserta lomba untuk sekreatif mungkin memilih umpan untuk menarik Ikan.  Mulai dari cacing, jangkrik , pelet, larva tawon dan umpan-umpan menarik lainnya.

Ikan yang disediakan panitia sebanyak  100 Kg ikan lele yang ditambah 30 Kg sumbangan dari warga Singodutan  serta 3 ekor  Ikan Lele Master per ekornya memiliki bobot hampir 5 Kg untuk diperebutkan pemancing peserta lomba.  Ikan master memiliki tanda khusus sebuah pita yang di pasang di sirip ikan, untuk yang bisa mendapatkan ikan master pita kuning akan mendapat hadiah uang tunai  Rp 100.000,-,pita hijau Rp 200.000,-, pita merah 300.000,-. Selain itu ada ikan lele berpita pink untuk hadiah hiburan berupa  voucher  makan  dan uang tunai 50 rb rupiah serta beberapa hadiah hiburan lainnya.

Beberapa kali ikan master terkena kail pemancing namun para peserta belum dapat mengangkat Ikan master dari arena Lomba hal ini disebabkan putusnya senar pancing sewaktu mengangkat ikan Master. Ikan Master yang berhasil diangkat selama perlombaan hanya ikan lele berpita kuning. Mas Agus Gepeng salah satu warga desa Singodutan yang berhasil mengangkat Ikan Master tersebut. Kriteria Ikan Master dianggap sah adalah ikan memakan umpan dan pemancing harus mengangkat sendiri tanpa bantuan peserta lain.

Event- event seperti ini direncanakan akan menjadi agenda rutin tiap triwulan sekali dengan mempertimbangkan debit air yang ada di Kali Tempuran. Dengan adanya event yang memanfaatkan Kali sebagai Sarana Perlombaan membuat warga Singodutan umumnya dan warga di sekitar kali khususnya untuk merawat kali agar tidak lagi menjadi tempat sampah terpanjang namun menjadi sarana hiburan masyarakat yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar. Semoga dengan adanya event yang rutin seperti ini menjadi daya tarik baru wisata desa Singodutan.

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan