DENGAN SIAK, PELAYANAN LEBIH CEPAT, TEPAT, dan BENAR

singodutan.sideka.id, SINGODUTAN – Perkembangan Teknologi dan Informasi yang sangat pesat pada dewasa ini menuntut semua Instansi mengikuti perkembangan tersebut. Tidak hanya di kota, di desa pun juga harus melek teknologi. Begitu juga Pemerintahan Desa yang  tidak luput dari tuntutan perkembangan teknologi tersebut.

Pemerintah Desa  merupakan salah satu pemerintahan yang mengatur, mengelola sumber daya dalam pemerintahan di tingkat desa, dan mempunyai kewajiban untuk penyelenggaraan administrasi kependudukan. Untuk itu perlu pendataan dan penataan yang sebaik-baiknya agar bisa memberikan manfaat dalam perbaikan di bidang pemerintahan dan pembangunan. Pengelolaan data penduduk juga merupakan tanggung jawab pemerintahan desa, selaku ujung tombak dari pendataan warga masyarakat di desa tersebut. Dalam pelayanan tersebut perlu dilakukan dengan cepat, tepat, dan benar agar warga masyarakat sebagai pelanggan merasa mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Salah satu perkembangan teknologi sistem informasi yang baru-baru ini sudah digunakan Pemerintah Desa khususnya Desa Singodutan adalah Aplikasi SIAK Desa. Apa itu SIAK Desa? SIAK Desa adalah singkatan dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa. Sistem ini sangat menunjang dalam kegiatan Pelayanan Administratif Surat Keterangan maupun Surat Pengantar di Desa. Dengan adanya  SIAK Desa banyak kemudahan yang diperoleh, diantaranya memudahkan proses pengadministrasian segala kepentingan masyarakat.  Dahulu masyarakat yang membutuhkan surat pengantar maupun surat keterangan harus menunggu lama dan ditulis secara manual, dan dalam penyimpanan untuk arsip pun masih menggunakan map kertas yang bisa dibilang masih banyak resiko untuk hilang maupun rusak.  Namun setelah adanya SIAK Desa, masyarakat tidak perlu menunggu lama karena prosesnya cepat serta dalam pengarsipannya lebih aman karena disimpan secara sistem yang apabila dibutuhkan sewaktu-waktu dapat digunakan kembali. Walaupun sistem yang ada masih offline namun database yang digunakan adalah database update terbaru dari disdukcapil sehingga dalam prosesnya Perangkat Desa tinggal memasukan NIK warga maka semua data tentang warga tersebut akan muncul secara sistematis.

Sekarang ini warga Desa Singodutan sudah tidak perlu berlama-lama antri dalam pelayanan surat, surat pengantar maupun surat keterangan  dapat terlayani dengan cepat, tepat, dan benar karena adanya Aplikasi SIAK Desa. Salah satu Warga Desa Singodutan yang mengurus Surat Keterangan menuturkan “sekarang mengurus surat lebih cepat, tidak perlu antri lama” ucap Sumarni (Kamis, 22/02/2018). Dengan adanya Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa (SIAK Desa) di Pemerintah Desa Singodutan, segala urusan pelayanan surat warga masyarakat dapat dilakukan dengan lebih cepat, tepat, dan benar. (Admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan